Semarak Persiapan Lomba Urban Farming di Kelurahan Sukun.

0

SALAM INFORMASI,
Guys, tahu nggak Kota Malang lagi semangat-semangatnya dalam hal urban farming, nah mimin mau cerita tentang taman Urban Farming yang ada di sukun nih.

Berawal dari pelatihan-pelatihan pemanfaatan lahan dan pekarangan serta budidaya toga dan sayur organik yang diadakan oleh TPPKK Kelurahan Sukun yang bekerjasama dengan Gapoktan Mulyosantosa Kelurahan Sukun sekitar tahun 2015-2016 yang lalu, membuat warga RW 02 giat mempercantik halaman dan pekarangan nya dengan tanaman toga dan sayur organik. Lahan yang sempit dan terbatas tak mampu menghalangi antusiasme warga untuk bertanam.

Sehingga pada Peringatan HUT RI Tahun 2018 dan Peringatan Hari Kartini Tahun 2019 dilaksanakan acara Lomba Kesehatan Lingkungan dan Hatinya PKK. Sambutan yang luar biasa dari warga membuat Kelompok PKK RW 02 memberanikan diri menyambut Program Bantuan Sarana Prasarana Urban Farming dan mengarahkan bantuan untuk kelurahan Sukun ke wilayah RW 02.

Pada tanggal 24 Juli 2019, diterimakanlah bantuan Sarana Prasarana Urban Farming dari TPPKK Kota Malang berupa 1 truk media pupuk kandang, tanah katel dan sekam, polibag juga berbagai macam benih sayuran kepada penanggung jawab/ketua kelompok penggiat Urban Farming RW 02 ibu Ajeng Sri Wilujeng disaksikan Ketua RW 02 yang lama Bapak Dwi Tjahyono, Ibu Ratna Susanti Ketua Pokja 3 TPPKK Kelurahan Sukun dan Ibu Laila Ketua Pokja 3 TPPKK Kecamatan Sukun.

Setelah diberi pelatihan cara budidaya tanaman toga dan sayur organik oleh Pokja 3 Kelurahan Sukun ( Bu Ratna, P Hary Sujanto dan P Eko Mardiono) akhir Agustus 2019 mulailah gerakan Urban Farming Gladiol Farm. Pada tanggal 14 September 2019 panen perdana dihadiri oleh ketua dan Pokja 3 TP PKK Kecamatan Sukun, juga ketua TP PKK Kelurahan Sukun saat itu, ibu Dra Utami Tisnowati. Sempat mengalami goncangan sesaat pada awal-awal tahun 2020 akibat musim kemarau yang melanda, namun berkat kesigapan dan ringan tangannya bu Sri Nayuk ketua RW 02 yang baru, Gladiol Farm bergerak dan bersinar kembali.

(Lanjut di kolom komentar)
? : Ibu Ratna Effendi
Sukun KotaMalang KIMNUKUS KIMMALANGKOTA JATIM CitizenJournalism KimNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *